Inilah Jakarta.

"Oh inilah Jakarta, jatuh cinta di Jakarta. Selalu ada kejutannya, inilah Jakarta. Oh inilah Jakarta, putus cinta di Jakarta, tak pernah jelas kelanjutannya, inilah Jakarta."

Sebuah lagu yang dinyanyikan Mondo Gascaro mengingatkan saya bahwa tidak lama lagi, kota ini akan resmi jadi 'rumah' setelah sempat kalah lama dengan Tembagapura di ujung negeri ini dan Kuala Lumpur di negeri seberang sana. Sebuah kota yang di dalamnya (masih) menampung beberapa mimpi-mimpi, bahkan mungkin beberapa impian baru, yang akhirnya lahir di tengah-tengah keberkahan dan kesempatan. 

Setelah hampir setengah tahun berada di tengah kota setiap hari dan bisa merasakan sisi lain yang tidak pernah ditemui sebelumnya, kota ini mengizinkan saya untuk bisa jatuh hati lagi. Pada ketidakteraturan lalu lintas padat merayap di Palmerah dan sekitarnya. Pada gagahnya gedung MPR/DPR yang dilewati dan segala coretan hati rakyat pada pilar gerbang terluar. Pada bisingnya suara bis, angkutan kota, atau sirine pejabat negara yang berderu bersama debu-debu jalan di jalan protokol Sudirman. Pada suara wajan nasi goreng dan aromanya yang menusuk hidung di bilangan Kebon Sirih, atau riuh rendah nada-nada yang didendangkan para pengamen yang terdengar sayup-sayup di sepanjang Sabang. Atau kini akhirnya, pada luasnya bentangan langit dimana sebuah landmark kota ini terpampang megah di ujung mata. Dan tepat dari titik saya menuliskan ini pun semakin dekat dengan 'ruang bermain' yang sedang dibangun, tak jauh dari dari tempat dimana kaki ini berdiri setiap pagi.

Ada kalanya saya berpikir untuk pergi lagi, namun entah, kali ini rencana kepergian itu selalu menempatkan Jakarta untuk kembali. Rancangan perjalanan setahun dua tahun ke depan membuat Jakarta sebagai titik balik. Meskipun sebagian wajah kota ini mengingatkan banyak hal yang enggan untuk diingat, tapi paling tidak, kenangan itu pernah ada karena cinta. Dan cinta, meskipun berubah bentuk seiring waktu, pernah jadi alasan kuat kenapa saya kembali ke ibukota.

And it lets me to gaze upon a great view from here.
Inilah Jakarta, untuk saya, saat ini. 

-6.198892, 106.822357