Salam Muharram.

Muharram tahun ini, ada kesempatan untuk 'hijrah' setelah sekian lama berusaha untuk keluar dari lingkaran yang cukup lama mengikat dan menyerap hampir semua energi yang ada. Setelah dituntun untuk menghadapi pertemuan dan perpisahan, dihadapkan pada pilihan yang beragam, juga terbaring berbulan-bulan memulihkan raga dan menenangkan pikiran, Muharram tahun ini datang membawa sebuah penawaran. Ya, penawaran yang menjadi jawaban atas doa yang hanya bisa disembunyikan di dalam sujud hampir setiap malam.

Tepat di awal Muharram tahun ini, ada rasa syukur tidak terhingga untuk sebuah awal yang baru. Mengemban kepercayaan untuk tugas yang baru, di lingkungan yang baru, dengan tanggungjawab baru dan semangat yang baru. Ada harapan untuk mendapatkan celah agar bisa menjadi lebih baik, mengingat kekurangan dan ketidaksempurnaan akan terus melekat sampai kelak suatu saat jiwa ini diberkahi ampunan, entah kapan.

Semoga di tahun yang baru ini, diri ini selalu termaafkan. Setiap niat dan langkah ke depan akan selalu dimudahkan. Setiap perselisihan akan dituntun kepada perdamaian, dan setiap ketakutan akan dipasangkan dengan kelapangan tanpa batas. 

Salam Muharram bagi keluarga, kerabat, teman dan sahabat. Meskipun rindu kepada orang-orang terdekat kini hanya bisa disimpan rapat-rapat, semoga kita semua akan selalu berada di dalam lindungan Sang Pemberi Rahmat.